Senin, 05 Oktober 2015

Mengalahkan Dunia

Godaan-godaan yang ada di dunia ini sekain lama semakin luar biasa menurut Mang Ucup. Semakin banyak hal-hal buruk yang dengan mudah dapat mempengaruhi kita. Jika tidak memiliki iman kita akan dengan mudah terpengaruh atau terseret kedalam pergaulan yang salah. Seakan-akan yang namanya mengatakan perkataan kotor itu sudah menjadi sesuatu hal yang biasa.

Rokok, drugs, pornografi, seks bebas, tawuran, dan lain sebagainya dianggap sesuatu yang wajar dan biasa-biasa saja. Apa lagi dengan semakin berkembangnya teknologi yang ada di dunia ini. Semakin mudah kita terjerumus ke hal-hal yang tidak berkenan di hadapanNya tersebut. Kebalikannya, sesuatu yang bernilai religius kadangkala dianggap suatu hal yang kuno dan ketinggalan jaman.

Bagaimana kita sebagai anak Kristus menghadapi hal-hal yang seperti ini?
Ingatlah bahwa kita itu manusia yang lemah, yang mudah sekali terpengaruh pada godaan. Tapi kita tidak boleh memilih sembunyi dari masalah-masalah yang ada. Kita tidak dapat membatasi pergaulan, jika mau terlibat urusan dengan gereja, selain itu tidak mau keluar. Memang benar itu solusi baik, tetapi bukan yang terbaik.

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, tidak bisa manusia membatasi pergaulan hanya di gereja saja. Kita memiliki tetangga, teman sekolah, teman kerja, dll.

Dulu Mang Ucup juga sempat memiliki ketakutan ini. Pergaulan di belakang rumah saya benar-benar “luar biasa”. Yang namanya rokok, judi, mabuk, dll sudah menjadi santapan sehari-hari. Waktu itu Mang Ucup sama sekali tidak ingin mengenal mereka, bahkan diajak ikut gabung dengan kumpulan mereka pun saya tidak mau. Saat itu Mang Ucup berpikir takut saja berhadapan dengan mereka, takut kalau-kalau Mang Ucup jadi seperti mereka, dan ketakutan-ketakutan yang lain.

Selama kita hidup dalam kebenaran Allah, tidak perlu kuatir dan sembunyi. Jangan takut salah pergaulan. Jangan takut terkontaminasi dengan mereka. Selama kita memiliki dasar iman yang kuat, dekat dengan Tuhan, punya kehidupan pribadi yang kuat, maka godaan-godaan tersebut tidak akan mempengaruhi kita. Hanya saja, kita jangan menggampangkan godaan-godaan tersebut.
Yakin aja, kalo kita tiap hari berani pikul salib, menyangkal diri, dan membayar harga dalam pengiringan kita kepada Tuhan, kita akan bertumbuh menjadi orang Kristen yang dewasa dan berkarakter. Kalau sudah begini, tidak ada lagi yang bisa melawan kita. Sebaliknya, Tuhan bakal memakai kita untuk menjadi saluran berkat bagi banyak orang. Tidak mustahil lewat hidup kita, para preman, anak jalanan, anak-anak yang memiliki pergaulan buruk dapat bertobat dan diselamatkan.
Maka dari itu mari kita mari kita menghadapi dunia ini, tidak perlu sembunyi, karena semua yang lahir dari Allah mengalahkan dunia.

Sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. 1 Yohanes 5 : 4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar