Jumat, 09 Oktober 2015

"THE NEW BEGINNING WITH A NEW MIND"

“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu” (Roma 12:2).

The new beginning is a dawn of hope ( Awal yang baru adalah fajar pengharapan).

Memulai momen awal dari suatu hal tentu menimbulkan antusiasme tersendiri. Ada suasana segar dan harapan baru yang pasti terbersit dalam sanubari dan memenuhi ruang angan-angan kita, bagaikan kehadiran fajar pagi nan cerah yang menjanjikan berbagai keindahan warna-warni dan nuansa kehidupan. Awal yang baru selalu menjadi fokus perhatian dan konsentrasi kita, karena awal yang sukses selalu menentukan langkah selanjutnya untuk mencapai hasil akhir yang gemilang.

The new beginning is a breakthrough of mind (Awal yang baru merupakan terobosan pemikiran).

Suatu permulaan selalu berkaitan dengan tujuan, cara, orang-orang, waktu dan lokasi tertentu. Menghadapi kondisi yang rutin seringkali membuat kita mengalami stagnasi dan kemandekan, kehilangan antusias dan kekuatan dan bahkan sebelum memulai sesuatu.

Awal yang baru membutuhkan terobosan dalam pikiran dan pembaharuan akal budi. Bagaimana caranya?

1. Think out the box (berpikir secara kreatif).
Umumnya kita berpikir lazim dan logis, dengan pola belajar yang sistematis dan runut, padahal tanpa sadar kita menciptakan sebuah kotak pemikiran yang rapi dan teratur yang kadang menghalangi kreativitas. Terobosan pemikiran berarti berpikir secara luar biasa, diluar kelaziman dan rutinitas, dengan pikiran yang kreatif dan ide-ide baru yang cemerlang.

2. Up to date of moment (miliki kesesuaian dengan waktu).
Titik awal juga berarti momen untuk melakukan sesuatu. Waktu memiliki dua pengertian dalam Bahasa Yunani: kronos, artinya dimensi rutin waktu, dan kairos, yaitu momentum waktu. Pembaharuan pikiran juga berarti kesesuaian dengan saat ini dan tepat dengan peluang yang ada.

3. In line with the targeted goals (berada dalam sasaran yang ditargetkan).
Tujuan yang jelas mendorong kita untuk segera mencapainya. Pemikiran yang diarahkan pada sasaran akan mengembangkan imajinasi dan ide-ide baru untuk mengambil langkah awal yang sukses.

4. Keep it under control (tidak lepas kendali).
Pikiran tidak dapat dibatasi, ia bisa mengembara ke mana saja sementara tubuh kita diam di tempat. Tanpa pengendalian pikiran yang sehat, kita akan terjebak dalam fantasi belaka. Pembaharuan budi juga berarti tetap dalam penguasaan diri.

5. Walk in the path of truth (berjalan dalam kebenaran).
Kita mungkin bisa memiliki persepsi yang berbeda, tapi kebenaran adalah tetap. Hakekat dari pembaharuan budi adalah perubahan sikap berpikir ke arah yang baik, benar, adil, suci dan mulia. Awal yang baru dilandasi dengan berjalan dalam pengharapan dan dari iman kepada iman.

The new beginning with a new mind is gate of success ( Awal yang baru dengan pembaharuan pikiran adalah gerbang kesuksesan).

Perjalanan panjang selalu dimulai dengan langkah pertama. Penentuan titik awal yang tepat akan memetakan kita untuk tiba di tujuan yang benar. Awal yang baik dimulai dengan memiliki persepsi yang benar, fakta yang akurat dan keputusan yang solid. Awal yang baru selalu memberi kesempatan baru bagi pembaharuan budi untuk mencapai hasil akhir yang sukses dan gemilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar